Penyebab Kadar SGPT Dan SGOT Tinggi

sgpt

Kita pasti langsung syok dan panik jika setelah melihat hasil TES KESEHATAN ternyata ada angka yang TIDAK NORMAL pada lembar hasil tes tersebut. Salah satunya adalah saat melihat fungsi hati/faal tercantum nilai SGPT dan SGOT diatas normal. Nah disitu kita pasti mulai cemas dan mulai bertanya-tanya “apakah ini adalah sesuatu yang membahayakan tubuh? lalu bagaimana dampaknya? dan apa saja penyebab tingginya kadar sgpt dan sgot?”.

Sebenarnya apa itu SGPT & SGOT?

SGPT dan SGOT merupakan dua enzim transaminase yang dihasilkan terutama oleh sel-sel hati. Bila sel-sel liver rusak, misalnya pada kasus hepatitis atau sirosis, biasanya kadar kedua enzim ini meningkat. Oleh sebab itu, melalui hasil tes laboratorium keduanya dianggap memberi gambaran adanya gangguan pada hati.

Lalu berapa sih batas normal dari SGPT dan SGOT Ini ? Batas normal SGPT adalah 0-35 u/L, dan untuk SGOT batas normalnya 3-45 u/L. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, maka kadar SGPT & SGOT yang terukur dalam darah juga meningkat.

Pemeriksaan SGPT & SGOT sering dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan fungsi hati akibat dari infeksi/peradangan hati. Hanya saja pemeriksaan tersebut tidak dapat mewakili fungsi hati sebenarnya. Banyak pasien yang bisa sembuh dari penyakit hatinya (contohnya hepatitis) namun menunjukan nilan SGPT & SGOT tinggi dalam darahnya. Ada juga sebaliknya orang yang memiliki tes yang normal bisa saja sebenarnya mengalami gangguan fungsi hati. Beberapa kasus menunjukan bawa mengalami hepatitis kronis dan menahun, bahkan memiliki nilai SGPT & SGOT normal.

Untuk mengetahui penyebab dari tingginya kadar SGPT dan SGOT anda dapat memeriksakan diri ke dokter dengan melakukan tes medis seperti :

  • Tes darah = mengecek fungsi jantung, gamma gt, ALT, tes hepatitis dll
  • USG liver dan abdomen
  • CT SCAN

Apa saja penyebab yang dapat meningkatkan kadar SGPT dan SGOT? Berikut adalah salah satunya :

  1. Konsumsi alkohol
  2. Sehabis kerokan, dipijat dengan keras sehingga menyebabkan otot nyeri
  3. Terekspose dengan bahan kimia berbahaya
  4. Fatty liver (perlemakan hati) ~> dapat menyebabkan peningkatan SGPT dan SGOT 2-3x normal
  5. Kelelahan (banyak bergadang, minum kopi, dan merokok)
  6. Kerusakan otot/cedera otot
  7. Konsumsi obat jangka panjang
  8. Infeksi virus ; hepatitis akut atau kronis, dll. Dapat menyebabkan peningkatan SGPT dan SGOT >5x normal
  9. Serangan jantung ringan

Nah jika anda sudah terdiagnosis memiliki kadar SGPT dan SGOT yang tinggi, sebaiknya anda mulai merubah gaya dan pola hidup anda yang buruk menjadi gaya dan pola hidup yang sehat. Janganlah terlalu banyak bergadang, mengkonsumsi kopi, dan merokok. Sayangi tubuh anda selagi sehat, karena jika sakit sudah menyerang maka dapat mengganggu serta menghambat aktivitas kita sehari-sehari.

Baca juga : Cara menurunkan sgpt dan sgot dengan obat herbal

Terimakasih banyak atas kunjungan, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Salam sehat dari Myobattradisional.com

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *